Bekerja Sama Dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, NBA Hadirkan Akademi Pelatih Jr. NBA

by Fajar BPTIKP | 18-10-2018 08:45 WIB | 519 Views | Kategori : BPTIKP
foto berita
SEMARANG, 17 Oktober 2018 - National Basketball Association(NBA) dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah pada hari ini mengumumkan kerjasama untuk menghadirkan Akademi Pelatih Jr. NBA di kota Semarang.
 
Pengumuman ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Jawa Tengah, Urip Sihabudin, SH.,MH. (mewakili Gubernur Provinsi Jawa Tengah, Ganjar Pranowo) dan NBA Asia Associate Vice President of Marketing Partnerships, Jim Wong, di GOR Sumber Waras, Semarang, Jawa Tengah.
 
Akademi Pelatih Jr. NBA bertujuan untuk semakin mengembangkan olahraga basket melalui pelatihan lapangan, penguatan dan pengkondisian tubuh, serta pendidikan basket kepada 12.000 guru olahraga di 6.000 sekolah di Jawa Tengah. Pada hari ini, NBA dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mengadakan sesi pelatihan selama satu hari di Semarang.
 
“Kami sangat mengapresiasi gerakan yang dilakukan NBA dalam memperlengkapi guru-guru olahraga di Jawa Tengah dengan standar pelatihan bertaraf NBA serta arahan para profesional,” ucap Ganjar Pranowo, Gubernur Provinsi Jawa Tengah. “Kami percaya Akademi Pelatih Jr. NBA akan memberikan berbagai dampak positif bagi pelatih, guru, generasi muda, serta pengembangan olahraga basket di Jawa Tengah.”
 
“Kami sangat bersemangat dan berkomitmen kuat untuk mengembangkan olahraga basket lokal di Indonesia. Peran pelatih dan guru-guru olahraga dalam mengasah para pemain basket generasi selanjutnya merupakan hal yang penting,” ucap Jim Wong, NBA Asia Associate Vice President of Marketing Partnerships. “Melalui Akademi Pelatih Jr. NBA, kami memiliki kesempatan untuk mengajak dan menginspirasi atlet-atlet muda serta memperlengkapi guru-guru olahraga dengan pengetahuan dasar maupun pengalaman untuk mengembangkan serta memberdayakan perkembangan olahraga basket di generasi muda Indonesia di luar program  Jr. NBA.”
 
Jim Wong juga menambahkan, “Ribuan guru dan jutaan anak akan mendapatkan manfaat dari diselenggarakannya Akademi Pelatih Jr. NBA yang diinisiasi oleh kami bekerja sama dengan pemerintah provinsi Jawa Tengah. Untuk itu, sebagai wujud apresiasi atas komitmennya, kami dengan bangga mengumumkan bahwa Gubernur Ganjar Pranowo diangkat sebagai Kepala Pelatih Kehormatan Jr. NBA.”
 
Para peserta Akademi Pelatih Jr. NBA akan menerima pembekalan agar dapat mendorong dan memfasilitasi partisipasi para muridnya, termasuk panduan pelatihan dengan kurikulum program di sekolah dan ekstrakurikuler, akses terhadap sumber online di website Jr. NBA, dan peralatan pelatihan dasar.
 
Berikut adalah jadwal Akademi Pelatih Jr. NBA di Jawa Tengah:
-      27 September 2018: Tegal, GOR Wisanggeni Tegal. Untuk peserta dari kabupaten Tegal.
-      29 September 2018: Purwokerto, GOR Satria Purwokerto. Untuk peserta dari kota kabupaten Banyumas.
-      9 Oktober 2018: Magelang, GOR Samapta Magelang. Untuk peserta dari kabupaten Magelang.
-      11 Oktober 2018: Wonogiri, GOR Giri Mandala. Untuk peserta dari kabupaten Wonogiri.
-      17 Oktober 2018: Semarang, GOR Sumber Waras. Untuk peserta dari kabupaten Semarang.
-      23 Oktober 2018: Pati, GOR Pesantenan. Untuk peserta dari kabupaten Pati.
 
Januari lalu, NBA dan Pemerintah Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta bekerjasama dan mengadakan workshop berdurasi selama satu hari, sebanyak 10 kali dan telah menjangkau lebih dari 5.000 pelatih dan guru olahraga dari 3.000 sekolah di seluruh DKI Jakarta. Sementara itu, pada April 2018, NBA bekerja sama dengan pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta, mengadakan workshop berdurasi satu hari yang menjangkau lebih dari 500 guru pada lebih dari 300 sekolah di Yogyakarta.
 
NBA pun kemudian memperluas jangkauannya melalui kerja sama dengan pemerintah Jawa Barat pada Mei 2018, mengadakan workshop selama satu hari yang menjangkau lebih dari 3.000 guru dan pelatih pada lebih dari 2.000 sekolah di tiga kota di Jawa Barat. Hingga beberapa waktu lalu, Akademi Pelatih Jr. NBA diadakan di Sumatera Selatan pada bulan September, sukses menjangkau lebih dari 2.000 pelatih serta guru-guru olahraga.
 
Jr. NBA merupakan program partisipasi olahraga basket global untuk anak-anak laki-laki dan perempuan, mengajarkan keahlian dasar dan juga nilai-nilai inti dari pertandingan yang dimulai dari level dasar sebagai bentuk usaha untuk menumbuhkan dan memperbaiki pengalaman olahraga basket para pemuda, bagi pemain, pelatih dan orangtua. Selama musim 2017-18, NBA akan menjangkau 26 juta anak-anak yang tersebar di 71 negara melalui berbagai kamp, klinik, tantangan keterampilan, pertandingan liga dan program dengan jangkauan luas.
 
Jadwal keseluruhan untuk Jr. NBA Coaches Academy dapat dilihat di website Jr. NBA. Ikuti Jr. NBA di Facebook untuk pemberitahuan dan informasi program, termasuk sumber pelatihan dan informasi untuk menjaga kesehatan. Penggemar juga dapat membeli merchandise NBA melalui NBAstore.co.id, toko resmi NBA di Indonesia. Untuk semua hal terkait NBA, kunjungi www.nba.comdan “Friend” di akun resmi NBA di LINE dengan menambah @nba_global.