Hari Pertama UN WAGUB DAN KADISDIKBUD JATENG PANTAU UN DI KOTA SEMARANG

by Fajar BPTIKP | 05-04-2017 11:39 WIB | 1435 Views | Kategori : Sekretariat
foto berita
Semarang - Hari pertama pelaksanaan Unjian Nasional Berbaasis Komputer (UNBK) tahun 2016/2017  Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tingkat Provinsi Jawa Tengah berjalan lancar.
Wakil Gubernur Jawa Tengah, Drs. H Heru Sudjatmoko, M.Si.  yang didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, Drs. Gatot Bambang hastowo, M.Pd dan Kepala Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Jawa Tengah, pada hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)  SMK memantau di wilayah Kota Semarang, masing-masing di SMK Negeri Jawa Tengah dan SMK Negeri 7 Semarang. 
Hasil pantauan UNBK, baik di SMK Negeri Jawa Tengah dan SMK 7 Semarang, Heru mengatakan,  hampir semua sekolah telah siap mengikuti Ujian Nasional Berbasis  Komputer (UNBK). Hal ini, dapat dilihat dari persiapan masing-masing sekolah, baik para siswa peserta UNBKmaupun sarana komputer  yang digunakan untuk ujian.
DI SMK Negeri Jawa Tengah misalnya, dari 100 siswa peserta  ujian, telah tersedia pula 100 komputer, sedangkan di SMK Negeri 7 Semarnag dari 603 siswa peserta ujian nasional, di bagi menjadi 3 shif, karena  komputer yang tersedia hanya 200 buah, sehingga  UNBK dimulai dari pukul 08.00 WIB sampai pukul 15.00 WIB.
Menurut Heru, keadaan seperti ini tidak mengapa, karena peserta ujian nasional tidak bisa saling menyontek hasil karya teman lainnya, meskipun mereka satu bangku. Sebab, setiap  soal tidak sama, sehingga anak-anak dituntut kerja keras dan mandiri.
 936.230 Peserta Ujian
Menurut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebbudayaan Provinsi Jawa Tengah, Drs. Gatot  Bambang Hastowo, M.Pd.  yang didampingi Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Drs. Budiharjo, MM dan Kepala Bidang SMK, Drs. Bagus Soerjanto, M.Pd. peserta ujian nasional tahun 2017 seluruhnya  sebanyak  936.230 siswa, dengan rincian 603.348 siswa peserta UNBK dan 332.882 siswa peserta UNKP ( Ujian Nasional  Kertas dan Pensil ).
Khusus untuk SMK , lanjut Gatot, peserta UNBK sebanyak 221.895 siswa  atau sebesar 99,79 %,  sedangkan untuk UNKP hanya diikuti oleh 2 sekolah saja yaitu 1 SMK di Kabupaten Demak dan 1 SMK di Kabupaten Wonogiri dengan jumlah siswa peserta UNKP seluruhnya 30 siswa.
Sementara terkait dengan jadwal ujian, Kepala Bidang SMK, Drs. Bagus Soerjanto, M.Pd  mengatakan untuk SMK Ujian Nasional dimulai hari ini, Senin 3 – 6 April  2017 dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hari kedua Matematika, hari ketiga Bahasa Inggris dan hari ke empat mata pelajaran kejuruan.
 
 

Foto : Di SMK 7 Semarang, Wagub jateng, Drs, Heru Soedjatmoko, M.Si  ( kiri ), didampingi Kepala Disdikbud Jateng, Drs. Gatot Bambang Hastowo, M.Pd ( tengah) dan kepala SMK 7 Semarnag, saat meninjau pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer di SMK 7 Semarang.

Foto : Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, Drs. Gatot Bambang Hastowo, M.Pd (kiri ) saat mendampingi Wagub Jawa Tengah, Drs., Heru Soedjatmoko, M.Si, (kedua dari kiri) bersama dengan Kepala SMK Negeri  Jawa Tengah serta Kepala Balai Pengembangan Pendidikan Kejuruan Dinas Pendidikan Provinsi  Jawa Tengah, Drs. Reza Pahlevi. Saat hendaka meninjau oelaksanaan UNBK di SMK Negeri Jawa Tengah.
 

Foto : Wagub Jateng, Drs. Heru Sudjatmoko, M.Si,  sedang mengintip peserta UNBK  di SMK 7 Semarang yang didampingi Kepala  Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, Drs. Gatot Bambang Hastowo, M.Pd.