In order to view this object you need Flash Player 9+ support!

Get Adobe Flash player
Joomla! Slideshow
Halaman

Solo Raih Juara Umum LKS Ke-19 Jateng

Print

Sumber : Suara Merdeka CyberNews 22 November 2010

SOLO- Solo berhasil mencatatkan namanya menjadi juara umum Lomba Kompetensi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (LKS-SMK) tingkat provinsi untuk kali pertama sejak lomba LKS digelar 18 kali sebelumnya. Kemenangan itu sekaligus juga mengungguli juara bertahan Semarang, serta mengalahkan kota-kota unggulan lainnya, seperti Pati, Magelang, dan Salatiga.

Dalam perlombaan yang digelar di Kota Solo selama tiga hari yang berakhir Sabtu (20/11), kontingen Solo merebut 17 medali emas dari 50 mata lomba yang diselenggarakan.


Raihan itu jauh mengungguli kota-kota unggulan lainnya yang hanya mendulang medali emas setengah dari raihan Kota Solo. Kota Semarang yang duduk di urutan kedua hanya mendapat raihan tujuh medali emas, sementara urutan ketiga diduduki Kabupaten Pati dengan enam medali emas. Meski sebelumnya Kota Solo diprediksi sebagai unggulan, tidak disangka akan mendulang medali emas sedemikian banyak.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Kota Solo Rakhmat Sutomo menyatakan, pihaknya tidak menyangka akan mendapatkan gelar tersebut. Pasalnya, sebelumnya Kota Solo sama sekali belum pernah menggondol Piala Bergilir LKS Gubernur Jawa Tengah. Ia menekankan pada siswa SMK untuk terus bersemangat dan berupaya sebaik mungkin di mata lomba masing-masing.

”Kami hanya ingin menjadi tuan rumah yang baik dan tidak memprediksikan akan mendapatkan juara umum. Tapi, saya hanya meminta pada anak-anak untuk berusaha sebaik-baiknya,” kata Rakhmat seusai penyerahan piala bergilir di aula SMK N 8 Solo, Sabtu (20/11).

Tantangan

Hasil yang diperoleh Solo merupakan langkah awal untuk menjawab tantangan Kepala Dinas Pendidikan Jawa Tengah Kunto Nugroho pada sambutan pembukaan LKS. Kunto mempertanyakan predikat kota vokasi yang disandang Solo. Dia meminta predikat tersebut diimplementasikan pada dunia pendidikan dengan berkontribusi sebagai juara umum LKS ke-19 tingkat nasional, April 2011.

Untuk mewujudkan impian Jateng merebut juara umum nasional kelimanya, kesuksesan Solo diharapkan berlanjut ke tahap perlombaan berikutnya. Saat ini Provinsi telah menargetkan Solo untuk mempertahankan minimal setengah dari raihan medali yang diperoleh. 

”Bisa tidak Kota Solo mempertahankan medali. Setidaknya setengahnya saja,” ujar Kartono, kabid Pendidikan Menengah Dinas pendidikan Provinsi Jawa Tengah.(han-37)

 

Joomlart

Portal Nasional